Kaki seribu

Apakah Kaki Seribu Berbahaya Bagi Manusia atau Tidak

iarsip.com – Kaki seribu atau luwing merupakan jenis hewan yang tidak memiliki tulang belakang dan bentuk hewan ini adalah selinder. Jumlah segmen sekitar 25 sampai 100 dan setiap segmennya memiliki sepasang kaki dan setiap abodemennya memiliki 5 pasang kaki dan dua pasang spirakel. Bahasa ilmiah untuk kaki seribu yaitu Diplopoda. Untuk daerah Jawa Barat dinamakan titinggi yang jika orang bertemu dengan hewan ini pasti teriak dan lari entah takut atau jijik. Apakah kaki seribu berbahaya bagi manusia?.

Benarkah hewan ini mempunyai kaki berjumlah seribu? Coba kita telaah lebih jauh. Dikutip dari beberapa sumber bahwa hewan kaki seribu tidak memiliki kaki seribu. Hanya orang menafsirkan kaki seribu karena jumlah kakinya yang banyak tanpa menghitungnya. Kaki pada hewan ini ternyata hanya 400 sampai 750 pasang kaki saja tidak sampai seribu. Hewan ini termasuk herbivora/ pemakan tumbuhan biasanya jenis ini memakan tumbuhan yang telah membusuk sedangkan karnivora/ pemakan daging yang memiliki rahang penghisap hanya memakan makanan yang dia temui misalnya cacing tanah, serangga atau kelabang.

Kaki seribu

Apakah kaki seribu berbahaya bagi manusia?

Sebenarnya hewan kaki seribu tidaklah berbahaya karena tidak menggigit atau menyengat. Untuk menghindari musuh kaki seribu ini melindungi tubuhnya dengan cara melingkarkan badannya atau mengeluarkan cairan dari pori-pori tubuhnya. Bau busuk yang keluar dari tubuh nya itu hanya cara hewan itu sendiri untuk melindungi dirinya dari bahaya yang mengancam. Cairan ini apabila terkena kulit akan mengakibatkan iritasi kulit, merasa terbakar, gatal, kemerahan hingga bengkak. Bila itu terjadi pada Anda segeralah cuci dengan air mengalir dan sabun lalu gunakan salep anti radang atau obat lainnya.

Hewan kaki seribu memiliki satu jenis kelamin. Jika jantan ia memiliki kaki khusus yang bernama gonopod yang berfungsi menampung dan menyalurkan sperma ke kelamin betina. Bila bertelur akan menaruh telurnya dalam tanah dan bisa mencapai 200 butir. Kaki seribu yang baru menetas akan berwarna pucat dan memiliki kaki hanya 3 sampai 4 pasang. Sebenarnya kaki seribu bila dibiarkan juga tidak mengganggu karena berperan dalam kesuburan tanah.

Itulah sekilas tentang hewan kaki seribu semoga bermanfaat dan bertambah pengetahuan. Terimakasih.

Baca juga:

Harga Tokek Rumah Bintik Merah yang Menggiurkan

(iarsip.com).

Tinggalkan komentar