meniup makanan

Bahaya Meniup Makanan Panas Bagi Kesehatan

iarsip.com – Hujan-hujan gini enaknya makan atau minum yang panas-panas ya, kopi panas ditemani pisang goreng atau makan bakso pedas. Wah, pasti seru apalagi bareng teman-teman tambah nikmat dan mantap. Tapi hati-hati kita seringkali mengkonsumsi makanan atau minuman yang masih panas sampai lidah terasa terbakar. Tetapi bila meniup makana atau minuman tersebut sangat tidak dianjurkan. Ada bahaya meniup makanan dan minuman panas bagi kesehatan terutama pada jantung.

Kebiasaan meniup makanan dan minuman sering dilakukan apalagi saat terburu-buru dan tidak sabar lagi ingin menyantap makanan dihadapan kita. Padahal beberapa ahli kesehatan berpendapat bahwa meniup makanan dan minuman akan beresiko pada kesehatan kita.

 Bahaya meniup makanan panas diantaranya:

  1.  Makanan dan minuman akan menjadi tercampur dengan bakteri dan mikroorganisme dari mulut. Asam karbonat (H2CO3).Proses meniup makanan membuat makanan yang dikonsumsi mengandung asam karbonat efek dari reaksi kimia karbondioksida (CO2) dan air (H2O) yang berakibat keasaman darah tidak stabil dan berdampak buruk padajantung.
  2.  Sisa makanan dapat masuk kedalam makanan.
    Biarpun sering membersihkan mulut secara teratur tetapi tidak menjamin bersih. Nah, sisa makanan tersebut akan menjadi mikroorganisme yang akan berakibat gangguan pada pencernaan.
  3. Tidak hanya ahli gizi dan kesehatan yang tidak menganjurkan meniup makanan tetapi dalam agama Islam juga sangat tidak dianjurkan.

Berikut hadist yang menyatakannya:.

  1. Dalam sebuah hadist disampaikan “Dinginkanlah makanan, sesungguhnya yang panas-panas tidak ada berkahnya” (HR Hakim dan Dailami)
  2. . Ibnu Abas menyatakan ” Nabi Muhammad Saw telah melarang untuk menghirup udara didalam gelas ( ketika minum) dan meniup didalamnya ( HR. Tarmidzi).
  3. Dari Abu Qatadah, Nabi Muhammad Saw bersabda “jika kalian minum janganlah bernafas dalam wadah air minumnya.” (HR. Bukhari Muslim).

Hadist diatas secara nyata menjelaskan bahwa tidak baik meniup makanan dan minuman yang masih panas. Pelajaran yang didapat adalah bagaimana melatih kesabaran kita melalui makanan. Sebaiknya ikutilah hadist Rasulullah yang melarang meniup makanan sebelum dikonsumsi demi untuk kesehatan tubuh. Tunggulah makanan tersebut menjadi dingin atau hangat terlebih dahulu agar lebih nikmat. Semoga artikel diatas bermanfaat.

Baca juga:

Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan Alami

Ikan Bawal Air Tawar yang Kaya Gizi dan Manfaat untuk Tubuh

Nasi Berkat Selamatan Sajian Sederhana yang Ngangenin dan Sangat Nikmat

(iarsip.com)

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *