Hewan bekicot

Bekicot Jenis Hewan Apa dan Amankah Bila Dikonsumsi

Bekicot jenis hewan apa

iarsip.com -Bekicot jenis hewan apa dan amankah bila dimakan? Bekicot memiliki nama ilmiah Achatina fulica yang merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki cangkang dan termasuk dalam kelompok Moluska atau bertubuh lunak dan tidak bertulang belakang. Cangkang bekicot ini berguna sebagai pelindung dan sebagai paru-paru sebagai sarana untuk pernafasan. Pergantian udara dan darah terjadi pada dinding lubang palleal yang terdapat pembuluh darah. Bekicot juga termasuk musuhnya para petani sebab sering merusak tanaman. Untuk mengusir bekicot bisa menggunakan garam, insektisida atau ditangkap secara manual.

Asal mula hewan ini berasal dari Afrika Timur lalu menyebar ke berbagai belahan negara di dunia dalam waktu singkat. Bekicot berkembang biak secara bertelur (Ovivar) dan bekicot ini termasuk hewan yang unik yaitu termasuk hewan Hermafrodit. Apa itu Hermafrodit? Yaitu keadaan suatu organisme dapat bergantian menjadi jantan atau betina dalam waktu yang berbeda jadi tidak mutlak berkelamin jantan atau betina. Bila bekicot betina akan bertelur dalam tanah setelah beberapa minggu akan menetas dan muncullah bekicot kecil dan sudah membawa cangkang sejak lahir.

Hewan bekicot

Di beberapa negara seperti Prancis bekicot merupakan makanan yang istimewa dan sumber protein. Tetapi hati-hati bagi yang suka mengkonsumsi bekicot ada bahaya mengintai.

Bahaya makan bekicot diantaranya:

  1. Merusak sistem pencernaan, bekicot dapat membawa bakteri salmonella dan bakteri ini akan menyebar ke pencernaan dan lambung sehingga akan mengakibatkan diare dan dehidrasi.
  2. Keracunan, bekicot ternyata memiliki logam berat yaitu tembaga dan mercuri. Bila dikonsumsi akan menimbulkan kerancuan seperti mual, muntah dan pusing.
  3. Meningitis, bekicot bila dimasak dengan kurang benar akan membawa larva dan telur cacing juga mengandung sianida sehingga akan menyebabkan kerusakan jaringan otak yang mengakibatkan kematian.
  4. Penyakit ginjal, bekicot yang selalu tinggal pada tempat lembab akan terkontaminasi dengan zat arsen anorganik (senyawa logam) yang bersifat racun dan mengiritasi ginjal.
  5. Sakit usus, telur cacing pada daging bekicot akan berkembang biak pada usus besar dan menginfeksi usus.

Fakta-fakta tentang bekicot diantaranya:

  1. Bekicot berhibernasi (tidur panjang) pada musim panas dan musim dingin.
  2. Bekicot merupakan binatang pembawa parasit bagi manusia.
  3. Memiliki gigi yang berjumlah lebih dari 14000 gigi.
  4. Hewan paling lambat dalam berjalan hanya 1,3 cm/detik.
  5. Hewan yang aktif pada malam hari.
  6. Memiliki antena yang berfungsi. sebagai penglihatan dan penciuman.

Baca juga:

Fakta Unik Hewan Capung Beserta Mitos Tentang Capung

Apakah Kaki Seribu Berbahaya Bagi Manusia atau Tidak

Ikan Hias Air Tawar Discus Berikut Jenis dan Harganya

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *