Gula cakar

Cara Membuat Gula Cakar Khas Majalengka Pemanis yang Unik

iarsip.com – Majalengka merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata dan asal usul sejarah. Menurut beberapa sumber Maja yang berarti buah maja dan Lengka mempunyai arti langka atau hilang. Kabupaten Majalengka mempunyai makanan khas daerah yang terkenal dan unik diantaranya kecap Majalengka, mangga gedong, opak, rengginang, emping, keripik jagung, dodol jambu, keripik pisang, gula cakar, jambu kelutuk merah dan masih banyak lagi. Disini saya akan mengajak Anda untuk menyimak cara membuat gula cakar khas Majalengka yang terdaftar dalam deretan makanan khas Majalengka.

Gula cakar adalah makanan yang berasal dari olahan gula pasir dan dikonsumsi sebagai pemanis teh atau kopi. Gula ini berbentuk persegi dan berwarna merah muda dengan pori-pori kasar di sekitar gula tersebut. Untuk yang belum pernah mencicipi gula cakar jangan khawatir tidak perlu pergi jauh-jauh ke Majalengka. Membuat sendiri di rumah pasti bisa dengan memperharikan cara membuatnya dibawah ini.

Gula cakar

Cara membuat gula cakar khas Majalengka yaitu:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 5 kg gula pasir
  2. 5 sendok teh soda kue
  3. Pewarna makanan secukupnya
  4. 1 sendok makan vanila bubuk
  5. Air secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Masukkan gula pasir kedalam panci.
  2. Tambahkan air, soda kue, pewarna makanan dan vanilla bubuk.
  3. Masaklah dengan api sedang dan aduk sampai mendidih.
  4. Tuang ke dalam loyang dan biarkan sampai memadat.
  5. Potong-potong gula cakar, agar mudah memotongnya lakukan selagi hangat.
  6. Gula cakar siap dicampurkan dengan minuman teh atau kopi.

Konsumsilah gula cakar dengan porsi yang tepat karena dengan mengkonsumsi apapun yang berlebihan tidaklah baik. Mengkonsumsi gula berlebihan akan memicu bakteri dalam mulut yang akan menimbulkan kerusakan pada gigi serta diabetes dan kanker. Produksi gula cakar sekarang ini sudah sangat minim dan sangat disayangkan sekali. Produsen gula unik ini tidak sebanyak beberapa tahun kebelakang mungkin dipicu oleh harga gula pasir yang terus beranjak naik sehingga biaya produksi yang sangat tinggi. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk para pembaca.

Baca juga:

Resep Bubur Sum-sum Durian Ala Rumahan yang Praktis

Bubur Kacang Hijau Presto berikut Cara Membuatnya

Resep Pancake Coklat Keju Sederhana untuk Kudapan Santai

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *