Bunga wijaya kusuma
Home » Tanaman » Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Mini yang Praktis

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Mini yang Praktis

iarsip.com – Bunga yang putih dan cantik sayangnya hanya mekar dalam satu malam (bunga ratu malam). bunga wijaya kusuma yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Bunga ini termasuk bunga yang unik karena ada yang percaya ada cerita mitos dibalik cantiknya bunga Wijaya kusuma. Apabila ingin memiliki bunga cantik ini Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah dengan menggunakan pot. Sehingga rumah Anda akan terlihat segar dan asri. Cara menanam bunga Wijaya kusuma ini tidak sulit bahkan sangat mudah sekali dan praktis.

Cara menanam bunga Wijaya kusuma mini adalah sebagai berikut:

  1. Memisahkan bibit dari tanaman induknya, pilihlah bibit yang memiliki postur yang bagus dan pisahkan dari induknya dengan cara memotong dari batangnya.
  2. Media tanam, media tanam yang harus disiapkan adalah tanah, pupuk kandang atau bisa juga sekam yang sudah busuk. Tanah dan pupuk dicampur menjadi satu dan masukkan dalam pot.
  3. Menanam, untuk menanam bunga Wijayakusuma cukuplah memasukkan bibit kedalam tanah sedalam 5-10 cm dan disiram secukupnya agar tumbuh sesuai yang diharapkan

Bunga wijaya kusuma

Agar bunga Wijayakusuma tumbuh dan berkembang sesuai harapan tentunya harus dirawat dan tidak dibiarkan begitu saja. Untuk merawat bunga ini tidak ada perawatan khusus sama seperti merawat tanaman yang lainnya. Dibawah ini ada cara merawat bunga Wijayakusuma agar bunga dan daunnya lebat.

Cara merawat bunga Wijaya kusuma mini adalah:

  1. Bunga Wijayakusuma tidak harus sering disiram karena sangat tidak tahan dengan air. Apabila terlalu banyak air akan membusuk dan bila kekurangan air pertumbuhannya pun  kurang baik.
  2. Pemberian pupuk sebaiknya jangan terlalu sering ataupun tidak sama sekali karena daun dan bunga yang dihasilkan tidak akan maksimal. Gunakanlah pupuk organik dari pupuk kandang atau tumbuhan.
  3. Jauhkan dari serangan parasit yaitu dengan cara penyiangan. Buanglah tanaman pengganggu yang ada disekitar tanaman Wijayakusuma.

Bunga Wijayakusuma bukanlah tanaman asli Indonesia tetapi berasal dari Amerika dan dibawa penjajah ke Indonesia pada waktu kerajaan Majapahit. Tanaman ini merupakan spesies kaktus yang batangnya berbentuk silindris dan daunnya berwarna hijau, pipih dan halus. Pada sisi daun inilah tumbuh bunga dan daun baru. Nama latin bunga Wijayakusuma yaitu Epiphyllum oxypetalum dan ada juga yang menyebutnya Epiphyllum anguliger. Keduanya memiliki spesies yang berbeda tetapi memiliki ciri yang sama. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk pecinta tanaman hias dan sedikit menambah pengetahuan.

Baca juga:

Daun Cincau Rambat yang Kaya Manfaat dan Menyegarkan

Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh dan Cara Menanam Lidah Buaya

(iarsip.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *