Tanaman Dracaena Marginata

Dracaena Marginata Tanaman Berfungsi Ganda

iarsip.com – Tanaman dracaena marginata atau dracaena marginata var.tricolor merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki daun berbentuk memanjang dan bertekstur kaku. Warna daunnya hijau, kuning dan di tepi daunnya berwarna merah sehingga terlihat dominan merah. Tanaman ini mempunyai tinggi 1 – 2 meter bentuk pohonnya bulat kecil sebesar telunjuk dan beruas-ruas. Tanaman dracaena marginata banyak ditanam oleh pecinta tanaman hias dan dapat dibudidayakan dengan cara stek batang dan dapat ditanam di luar ruangan atau di dalam ruangan asalkan tetap mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Karena warna daun yang cantik didapat dari pencahayaan yang baik dan penyiraman yang teratur. Waktu penyiraman dapat dilakukan bila tanah bagian atas sudah mengering.

Untuk perawatan tanaman diantaranya memberikan pupuk dasar dan pupuk tambahan yaitu organik dan anorganik karena kedua pupuk ini akan saling melengkapi segingga tanaman tampak subur. Selain memberi pupuk pemotongan bagian pohon yang sudah meninggi. Bila perawatan tanaman teratur hasilnya pun akan memuaskan dan pastinya akan memiliki nilai jual yang bagus. Harga rata-rata tanaman dracaena marginata sekitar Rp 25000 – Rp 30000. Bila ingin membudidayakannya pastikan tunggu musim hujan agar kelembaban udara dapat mendukung pertumbuhannya. Apabila pembaca ada yang belum tahu seperti apa tanaman tersebut di bawah ini ada gambar Dracaena Marginata yang saya tanam depan rumah.

Dracaena marginata

Dracaena Marginata

Nama umum

Indonesia : tricolor
Inggris      : tricolor Draceana ref-margined draceana
Melayu     : bunga Manggar

Klasifikasi

Kingdom        : Plantae (tumbuhan)
Sub kingdom : Trachheobinta (tumbuhan berpembuluh)
Kelas               : Liliopsida
Subkela          : Lilidae
Ordo               : Liliales
Famili            : Agavaceae
Genus            : Dracaena
Spesies          : Dracaena Marginata

Draceana Marginata mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai tanaman hias dan juga bermanfaat sebagai filter udara yang dapat membersihkan udara dari polusi. Tanaman yang berasal dari Madagaskar ini mampu menyerap racun yang berasal dari asap kendaraan, bensin, pernis, timbal dan zat-zat racun lainnya. Meskipun berfungsi menyerap racun pada udara tetapi tidak mempengaruhi pada pertumbuhannya. Disarankan tanamlah tanaman yang dapat mengurangi resiko polusi yang berbahaya karena polusi sekarang ini begitu sangat mengkhawatirkan terutama di kota besar setidaknya meminimalkan.

Baca juga:

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Mini yang Praktis

Manfaat Tanaman Porang yang Kini Mendunia

(iarsip.com).

Tinggalkan komentar