teh campur susus

Efek Teh Campur Susu Bila Dikonsumsi Secara Berlebihan

iarsip.com – Cuaca sekarang ini sangat panas dan membuat gerah. Meskipun pada malam hari udara tetap panas dan mudah berkeringat. Dengan udara panas sangatlah cocok mengkonsumsi minuman yang dingin dan segar. Salah satu minuman yang enak dan segar yaitu teh susu atau milk tea atau disebut juga teh tarik atau thai tea. Memang minuman ini rasanya manis, enak, menyegarkan dan mampu menghilangkan rasa haus seketika. Cara membuatnya sangat mudah dan banyak sekali penjual minuman yang mengkreasikannya. Adakah efek teh campur susu?

Teh susu ini mulai dipopulerkan di negara Thailand dengan nama Thai tea. Di Indonesia pun menjadi terkenal karena rasanya yang manis dan unik membuat minuman yang satu ini disukai berbagai kalangan. Apalagi di campur dengan bola-bola coklat membuat anak-anak semakin kompak menyerbunya. Teh yang digunakan biasanya teh hijau atau teh hitam yang terbukti kaya khasiat diantaranya banyak mengandung felifenol yang berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah sel kanker, menjaga kesehatan tulang dan jantung.

Bahan lainnya adalah susu yang juga terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan karena didalam susu mengandung banyak zat gizi diantaranya kalsium, fosfor, lemak dan magnesium. Baikkah untuk tubuh bila teh dan susu di satukan? Sebenarnya mencampurkan teh dan susu bukan hal yang baik untuk kesehatan. Campuran teh dan susu membuat kandungan dan manfaatnya menjadi berkurang dan akan menimbulkan efek samping. Efek samping teh susu ini tidak akan terasa secara langsung apabila mengkonsumsinya masih dalam takaran yang wajar.

teh campur susus

Efek  teh campur susu bila dikonsumsi secara berlebih akan menimbulkan gangguan kesehatan misalnya:

  1. Batu ginjal, teh mengandung asam oksalat bila dicampurkan dengan kalsium dan protein pada susu dapat membentuk batu ginjal dan menyebabkan sakit pada saat buang air kecil.
  2. Melemahkan daya tahan tubuh, protein pada susu dapat mencemari teh yang mengandung kafein sehingga mempengaruhi pada fungsi imunitas.
  3. Gagal diet, zat catchein pada teh mampu menurunkan berat badan tetapi saat dicampur dengan susu maka zat tersebut tidak akan berfungsi dengan sempurna dan tidak akan mampu memecah lemak dalam tubuh.
  4. Penyakit jantung, campuran teh dan susu yang dikonsumsi terus menerus dapat dapat menghilangkan zat catchein pada teh. Zat catchein inilah yang melindungi jantung kita dari berbagai penyakit jantung.

Segala sesuatu yg berlebihan tidak akan menghasilkan hal yang positif. Konsumsilah makanan atau minuman sewajarnya demi menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bahaya Meniup Makanan Panas Bagi Kesehatan

Manfaat Air Putih untuk Tubuh Manusia dan Kesehatan

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *