Hewan Capung

Fakta Unik Hewan Capung Beserta Mitos Tentang Capung

iarsip.com – Hewan Capung (Anisoptera) merupakan jenis hewan yang memiliki 2 pasang sayap yang tipis dan transparan berbadan panjang seperti jarum. Capung memiliki bentuk kepala yang bulat dan sebagian besar adalah bagian mata. Mata yang berukuran besar terdiri dari ommatidium yang berfungsi melihat ke segala arah dan dapat mendeteksi gerakan lebih dari 10 meter. Capung memiliki 3 pasang kaki yang bergerigi kecil seperti duri yang berfungsi untuk menangkap mangsa agar tidak lepas. Hewan ini termasuk hewan karnivora dan semua capung adalah predator yang biasa memakan nyamuk, semut, rayap, lalat, lebah, kupu-kupu dan serangga lainnya. Hebatnya capung bisa menangkap mangsanya dan menelannya sambil terbang. Fakta unik hewan capung sangat menarik untuk dikaji oleh karena itu simaklah dengan seksama.

Dalam bahasa Inggris capung disebut juga dragonfly tetapi ditempat saya namanya papatong. Capung memiliki banyak jenis yang termasuk pada Ordo odonata yang mampu terbang diketinggian. Hewan ini termasuk serangga yang cantik yang sering dijumpai di sawah, taman, kebun, sungai, kolam bahkan halaman rumah tetapi bukan termasuk hama yang menggangu. Warna capung yang sering saya lihat adalah berwarna biru, kuning, merah, lurik dan hitam. Hidup capung sangat singkat yaitu hanya sampai berumur 6 bulan itu dikarenakan menjadi pemangsa binatang lain seperti burung. Hewan ini tidak bisa hidup jauh dari air karena capung berkembang biak di dalam air yang menggenang. Telur yang diletakkan dalam air membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 5 minggu untuk menetas. Telur yang menetas disebut larva akan hidup di dasar air dengan berukuran kecil dan transparan dan akan mengalami metamorfosis yang selanjutnya akan menjadi nimfa dan akan keluar dari dalam air menjadi capung dewasa.

Fakta unik hewan capung diantaranya:

  1. Capung suka berada di dekat air yang bersih.
  2. Mampu terbang seperti helikopter yang bisa terbang maju atau mundur, ke atas atau ke bawah.
  3. Mampu terbang jauh hanya dengan sayap yang terlihat rapuh tetapi faktanya sangat kuat hingga bisa mencapai 17000 km.
  4. Mampu memangsa di udara.
  5. Mampu mencabik mangsanya sambil terbang.
  6. Capung hewan yang bermanfaat karena dapat mengurangi populasi serangga yang merugikan misalnya lalat dan nyamuk.

Mitos tentang capung diantaranya:

  1. Gigitan capung dapat mencegah anak suka ngompol. Menurut beberapa sumber belum ada penelitian yang dapat membuktika pendapat tersebut. Bukannya menyembuhkan malahan akan menjadi penyakit akibat gigitan pada kulit. Pakailah cara lain yang lebih bijak untuk membiasakan anak tidak ngompol.
  2. Banyak capung yang terbang rendah tandanya akan turun hujan. Sebab capung akan mencari perlindungan dari air hujan tersebut.
  3. Capung masuk rumah pertanda kesialan, faktanya bila capung masuk rumah itu karena lapar dan akan mencari makanan dalam rumah seperti nyamuk selain itu karena ada penerangan lampu sehingga capung tertarik untuk masuk rumah.

Itulah sedikit uraian tentang hewan capung yang sangat unik. Intinya kita sebagai sesama mahluk hidup ciptaan-Nya berkewajiban melestarikan apa yang ada di bumi ini. Semoga bermanfaat untuk pembaca.

Baca juga:

Harga Tokek Rumah Bintik Merah yang Menggiurkan

Apakah Kaki Seribu Berbahaya Bagi Manusia atau Tidak

(iarsip.com).

Tinggalkan komentar