gula batu

Gula Batu kuning Cirebon yang Banyak Khasiat

iarsip.com – Gula batu kuning Cirebon salah satu buah tangan khas Cirebon yang tidak hanya dikenal di daerahnya tetapi sudah merambah ke berbagai daerah. Warnanya kuning, rasanya manis dan mempunyai tekstur yang keras seperti batu. Gula ini dikonsumsi sebagai campuran minuman teh, kopi atau minuman lainnya dan bisa juga untuk memasak sebagai pengganti gula pasir. Selain manis gula ini lebih mudah di ubah menjadi energi oleh pankreas karenanya gula batu dianggap lebih sehat dibandingkan dengan gula pasir.

Gula batu adalah gula yang dibuat dari bahan tebu yang dikristalkan melalui bantuan air dan dipanaskan lalu didinginkan dan menghasilkan gula yang keras seperti batu. Kadar kalori gula batu lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir sehingga banyak digunakan oleh penderita penyakit tertentu. Kelebihan gula batu diantaranya sebagai sumber energi dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mengkonsumsi gula yang aman untuk kesehatan maksimal 50 gr atau sebanding dengan 4 sendok makan setiap harinya. Tetapi untuk menjalakan saran tersebut sangatlah sulit karena banyak sekali makanan dan minuman yang dominan menggunakan gula. Apabila ingin mengkonsumsi gula minuman atau makanan manis cobalah gantikan gula pasir dengan gula batu yang kadar kalorinya lebih rendah. Gula unik ini ternyata memiliki kandungan yang berguna untuk tubuh. Kandungan itu diantaranya vitamin B12, mineral dan asam amino. Zat-zat ini dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

Khasiat gula batu kuning Cirebon yang perlu diketahui adalah:

  1.  Menghilangkan bau mulut, nafas yang segar sangat diidamkan semua orang. Nah, gula batu dapat menjaga nafas tetap segar. Caranya cukup dengan mengunyah sedikit gula batu setelah makan.
  2. Meredakan batuk,  batuk yang terus menerus dapat mengganggu aktifitas dan mengganggu kesehatan. Dengan mengunyah dan menghisapnya secara perlahan maka batuk akan berangsur hilang.
  3.  Menghilangkan sakit tenggorokan, cuaca yang ekstrim membuat tubuh tidak tahan dengan serangan penyakit. Pertama yang dirasakan pasti sakit tenggorokan. Untuk mengatasinya haluskan gula batu dan lada hitam dicampur dengan minyak samin dan minumlah racikan ini sebelum tidur.
  4. Mengatasi anemia, gula batu berkhasiat meningkatkan haemoglobin pada penderita anemia.
  5. Mengatasi mimisan, apabila hidung terjadi pendarahan atau mimisan segeralah minum segelas air larutan gula batu.
  6. Baik untuk ibu menyusui, gula batu diyakini dapat memproduksi asi lebih banyak dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca juga:

Manfaat Pepaya California untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Belerang Dalam Kehidupan Sehari-hari dan Untuk Perawatan Kesehatan Kulit

 

(iarsip.com).

Tinggalkan komentar