Hikmah Corona Bagi Alam dan Kehidupan Manusia

iarsip.com – Ada hikmah Corona bagi alam dan juga kehidupan manusia di bumi ini yang perlu kita cermati. Di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia di kagetkan dengan satu wabah penyakit yang mematikan yaitu virus covid-19 yang sampai saat ini masih meresahkan seluruh umat manusia. Akibatnya banyak menjadi korban meninggal, ada yang masih dalam pengobatan tetapi bersyukur masih banyak yang bisa disembuhkan. Banyak cara pemerintah untuk mengurangi penyebarannya dan agar tidak menambah jumlah korban meninggal. Para medis pun sigap berada digaris terdepan untuk menangani para pasien yang positif terkena virus tersebut. Adapun anjuran pemerintah yang harus dipatuhi diantaranya berdiam diri di rumah (lockdown), menjaga jarak dengan orang lain (sosial distance), rajin mencuci tangan dengan sabun, selalu menjaga kebersihan dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Dari semua kejadian di dunia ini selalu ada hikmah yang dapat kita ambil. Tidak hanya untuk menghujat, menyalahkan atau mencari kambing hitam. Tapi coba lihatlah sisi positifnya, lihatlah sisi lain dan kajilah setiap kejadian dengan bijak. Hikmah apa saja yang bisa kita ambil dari virus corona ini? Simaklah baik-baik agar tidak panik dan merasa takut berlebihan dan dapat belajar serta merenungkan dibalik wabah ini.

Hikmah corona bagi alam dan kehidupan manusia diantaranya:

  1. Mengembalikan manusia menjadi manusia yang punya jati diri untuk bertaqwa, beriman juga mempeebaiki ahlak yang selama ini mengacuhkan sang pencipta.
  2. Dapat berkumpul dengan keluarga yang sebelumnya disibukkan dengan aktifitas yang mengesampingkan arti sebuah keluarga.
  3. Berhentinya aktifitas yang mendorong dalam kemaksiatan misalnya ditutupnya bar dan diskotik yang merajalela diberbagai daerah dan sangat meresahkan.
  4. Mengkonsumsi makanan yang sehat, bergizi dan halal. Banyak lembaga kesehatan mengakui bahwa minuman beralkohol dan makan yang berasal dari hewan liar, bertaring dan bercakar itu semua mengakibatkan terganggunya kesehatan.
  5. Dengan adanya corona banyakan orang menjadi tahu tata cara batuk, bersin dan menguap dengan benar, berjabat tangan dan berpelukan dengan orang yang bukan muhrimnya.
  6. Dengan berkurangnya aktivitas manusia di bumi dapat mengurangi kemacetan yang selama ini belum ada solusinya, mengurangi polusi udara, tanah dan air yang berasal dari limbah pabrik serta asap kendaraan yang kini udara menjadi lebih bersih dan tentunya tidak merusak lapisan ozon.
  7. Dapat mengurangi pertemuan, perkumpulan untuk hal-hal yang tidak penting.
  8. Dengan diam di rumah dapat melakukan ibadah dengan khidmat tanpa terburu-buru, dapat lebih mendekatkan diri pada Tuhan dan menyadari bahwa manusia hanyalah mahluk lemah yang harus berlindung hanya kepada Tuhan.

Semoga virus corona yang mengacaukan kehidupan manusia, mengacaukan perekonomian dan mengancam kesehatan manusia segera berlalu dan pergi dari bumi ini agar umat manusia dapat kembali menjalankan kehidupannya dan menjadi lebih baik lagi.

Baca juga:

Buah-buahan Penambah Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *