Jenis sayuran penurun kolesterol
Home » Kesehatan » Jenis Sayuran untuk Menurunkan Kolesterol yang Harus Diketahui

Jenis Sayuran untuk Menurunkan Kolesterol yang Harus Diketahui

iarsip.com – Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh hati. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan vitamin D, membran dan hormon. Bila kadar kolesterol masih normal tidak akan membahayakan tubuh tetapi bila sudah melewati batas normal tentu saja akan berakibat timbulnya penyakit. Pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur akan mempengaruhi pada kesehatan tubuh. Ada beberapa jenis sayuran untuk menurunkan kolesterol dalam darah yang harus diketahui.

Kadar kolesterol dibawah 200 mg/dl itu masih dalam ukuran normal tetapi apabila sudah mencapai lebih dari 200-240 mg/dl sudah termasuk kategori kolesterol tinggi. Untuk menormalkannya tidak perlu menggunakan obat-obatan yang mahal tetapi ada jenis sayuran yang dapat dikonsumsi. Jenis sayuran penurunan kolesterol dapat disimak dibawah ini.

Jenis sayuran untuk menurunkan kolesterol yaitu:

  1. Bayam, kandungan serat yang tinggi dalam sayuran bayam akan mencegah kadar kolesterol menurun. Olahan bayam yang direbus lebih baik dari pada yang menggunakan minyak sebab akan mengurangi khasiatnya.
  2. Buncis, buncis termasuk jenis sayuran yang rendah lemak yang mampu mencegah kolesterol jahat.
  3. Kacang panjang, kacang panjang mengandung serat yang baik untuk kesehatan jantung dan sekaligus dapat memperlambat laju penyerapan kolesterol.
  4. Brokoli, sayuran brokoli mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Disarankan memasaknya tidak menggunakan minyak.
  5. Wortel, wortel mengandung serat yang dapat menyerap kolesterol disaluran cerna. Wortel juga mengandung kalium yang dapat mengemulsi lemak dalam darah dan efektif melarutkan flak kolesterol yang menumpuk di dinding pembuluh darah.
  6. Terung ungu, terung ungu mengandung multivitamin yang dapat meningkatkan adhesi sel dan elastisitas kapiler. Selain dapat menurunkan kolesterol terung ungu juga dapat mencegah kerusakan pembuluh darah dan mengobati hypertensi.
  7. Kedelai, kedelai memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat memperbaiki metabolisme lemak. Kacang kedelai juga mengandung zat yang dapat membersihkan endapan lemak didinding pembuluh darah.
  8. Touge, sayuran yang berasal dari kacang hijau ini termasuk sayuran penurun kolesterol. Vitamin C dalam touge lebih tinggi dari pada kacang hijau itu sendiri. Vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan ekskresi kolesterol dan mencegah pengendapan dalam lapisan arteri.

Baca juga:

Buah-buahan Penambah Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Putih, Bersih dan Sehat

(iarsip.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *