Kamboja Jepang

Kamboja Jepang (Adenium Obesum) dan Beberapa Manfaatnya

iarsip.com – Kamboja Jepang (Adenium Obesum) dan beberapa manfaatnya merupakan salah satu tanaman hias dengan bunga seperti terompet yang warnanya bervariasi. Ada beberapa warna bunga kamboja Jepang diantaranya putih, merah, kuning, ungu atau varasi warna putih ditengah merah di tepi bunga. Bagian pohonnya bercabang dan bagian akarnya membentuk umbi atau bonggol. Bunga ini pertama kali ditemukan di Afrika dan Arab. Dan adenium diambil dari nama daerah di Yaman yaitu Aden.

Di Indonesia tanaman adenium kebanyakan dijadikan sebagai bonsai dengan beraneka bentuk akar. Semakin besar bonggol atau semakin bervariasi bentuk bonggol maka tanaman ini akan dihargai dengan harga yang mahal. Harga bonsai adenium sangat bervariasi dari harga Rp 30000 sampai ratusan ribu. Menanam adenium sangat mudah bisa menggunakan cara stek atau biji. Untuk perawatan tidaklah sulit meskipun tidak disiram beberapa hari tanaman ini akan tetap tumbuh. Tetapi disamping itu bukan berarti bebas hama. Hama yang sering menyerang diantaranya jamur, bakteri, laba-laba, kutu dan siput. Bila adenium di halaman rumah ingin bebas hama cukuplah meletakkannya ditempat yang terpapar sinar matahari dan pemberian insektisida yang teratur.

Kamboja Jepang

Dibalik keindahan bunga adenium ternyata bunga, batang dan getahnya memiliki manfaat yang tersembunyi. Apa saja manfaat kamboja Jepang untuk tubuh manusia?

Kamboja Jepang (Adenium Obesum) dan beberapa manfaatnya yaitu:

  1. Mengobati luka, bila pembaca mengalami luka sayatan terkena pisau atau silet segeralah oleskan getah dari batang adenium, maka luka tersebut akan cepat kering.
  2. Mengobati kaki pecah-pecah, kaki kering biasanya menimbulkan pecah-pecah pada tumit. Cobalah ambil beberapa batang adenium lalu tumbuk dan peras airnya oleskan pada kaki yang pecah-pecah 3 kali sehari.
  3. Mengobati kaki bengkak, rendamlah kaki dalam air rebusan batang adenium dan kaki akan seperti semula.
  4. Mengobati sakit gigi, bila gigi terasa sakit akibat gigi berlubang segeralah ambil kapas dan getah adenium tutuplah kapas pada gigi yang berlubang tersebut.
  5. Mengobati bisul, bisul biasanya terdapat di pantat atau ketiak, coba saja ambil getah adenium dan oleskan pada bisul tersebut secara teratur.
  6. Mengobati kencing nanah, kencing nanah biasanya dialami oleh seseorang yang menyalahgunakan seks bebas untuk mengobatinya yaitu dengan cara merebus akar pohon adenium dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas lalu minum secara teratur.
  7. Menghilangkan kutil dan tahi lalat, oleskan saja getah adenium dengan menggunakan kapas secara teratur.

Baca juga:

Tanaman Untuk Filter Udara yang Dapat Mengurangi Pencemaran

Dracaena Marginata Tanaman Berfungsi Ganda

Pupuk dari Bahan Dapur yang Sering Disepelekan

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *