Kandungan buah petai

Kandungan dan Manfaat Buah Petai yang Tersembunyi

iarsip.com – Meskipun memiliki bau yang khas dan tidak cepat hilang buah ini mempunyai kandungan dan manfaat yang luar biasa. Kandungan dan manfaat buah petai sangat melimpah dan jarang diketahui orang. Petai atau bahasa ilmiahnya Parkia speciosa termasuk tanaman polong-polongan yang berwarna hijau dan bentuknya memanjang sekitar 30 cm. Mempunyai pohon yang tinggi dan menahun dan termasuk buah musiman. Bunga petai bentuknya unik seperti bandul dan dalam satu bandul bunganya mencapai ratusan tetapi yang menjadi buah hanya sebagai kecil saja. Ada beberapa jenis petai di Indonesia diantaranya petai gajah dan petai pari, petai pari inilah yang rasanya lebih sedap diantara petai yang lain.

Siapa yang suka petai? Olahan makanan yang berbahan petai ini sering ditemukan dalam beberapa masakan Indonesia. Makanan yang diberi campuran petai akan menambah cita rasa yang berbeda dan menambah selera makan pecinta kuliner. Olahan petai itu misalnya sambal petai, sambal goreng kentang, nasi goreng, balado teri, tumisan, lalapan atau nasi bakar. Selain Indonesia ternyata ada negara tetangga yang membudidayakannya yaitu Malaysia, Thailand dan Singapura. Pohon petai dapat tumbuh di dataran tinggi atau rendah dan dapat tumbuh maksimal pada lingkungan yang terbuka.

Buah petai

Kandungan dan manfaat buah petai yaitu:

Petai yang dianggap makanan orang kampung ini faktanya memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Gizi yg tersembunyi itu diantaranya vitamin A, vitamin B 1, vitamin C, vitamin E, serat, protein, karbohidrat, lemak, mineral (kalsium, mangan, kalium, zat besi, fosfor, zinc, magnesium, tembaga). Selain nutrisi diatas petai juga mengandung antioksidan (pelifenol, flavonoid, Tanin). Dari nutrisi yang terdapat dalam petai maka banyak pula manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat buah petai yaitu:

  1. Mengatasi stres, kandungan Triptofan dalam petai maka tubuh akan menjadi rileks dan mengembalikan mood.
  2. Mencegah anemia, kandungan zat besi dalam petai dapat membantu memproduksi sel darah merah hingga dapat mengatasi anemia.
  3. Mengatasi tekanan darah, untuk yang bermasalah dengan tekanan darah dapat mengkonsumsi petai karena kaliumnya yang cukup tinggi dapat mengatasinya.
  4. Meningkatkan daya kerja otak, kandungan kaliumnya juga ternyata dapat merangsang daya kerja otak.
  5. Mengatasi masalah pencernaan, serat yang terkandung dalam petai dapat membantu mengatasi masalah pencernaan misalnya sembelit.

Semua uraian tentang petai diatas semoga menjadi tambahan ilmu pengetahuan dan bermanfaat untuk para pembaca.

Baca juga:

Manfaat Mengkonsumsi Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Kandungan Buah Jeruk dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pisang Kepok Rebus Untuk Menjaga Kesehatan

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *