Merica bagi kesehatan

Kegunaan Merica Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

iarsip.com – Kegunaan merica bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh masyarakat luas. Lada (Piper nigrum) disebut juga merica ada juga yang menyebutnya sahang merupakan sebuah tanaman rempah-rempah yang tumbuh di wilayah tropis. Merica/lada mempunyai buah berbentuk bulat kecil dan keras tetapi kulitnya lembek. Kulit buah yang masih muda berwarna hijau dan kulit buah yang sudah tua berubah menjadi kuning dan berwarna merah. Apabila kulit sudah berwarna merah itu berarti lada sudah siap dipanen dan diolah. Di Indonesia tanaman lada dibudidayakan seperti di daerah Bangka, Lampung, Kalimantan. Seperti daerah saya sendiri banyak masyarakat yang membudidayakan lada di halaman rumah atau kebun sendiri dengan cara stek. Rempah-rempah satu ini pastinya banyak kegunaannya.

Lada pada umumnya digunakan untuk bumbu masakan tertentu dengan aroma dan rasanya yang khas. Lada/merica mengandung minyak esensial misalnya piperin, alkolid amina juga mengandung kalsium, seng, mangan, kalium, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, felifenol, flavonoid dan lycopene. Nah, bagi yang suka bercocok tanam tidak ada salahnya mencoba menanam lada karena begitu banyak kandungan yang terdapat dalam lada dan sekaligus mendapatkan manfaatnya.  Hanya sebagai pengetahuan kegunaan merica bagi kesehatan terdapat dibawah ini.

Lada

Kegunaan merica bagi kesehatan yang jarang diketahui yaitu:

  1. Penangkal kanker, zat piperin dalam lada dapat menghambat pertumbuhan sel kanker terutama sel kanker usus besar.
  2. Meengatasi masalah pencernaan, selain digunakan untuk bumbu masak lada hitam dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang dapat mengatasi mulas, kembung dan gangguan pencernaan lainnya.
  3. Mengatasi diabetes, minyak atsiri dalam lada mengandung antioksidan dan antibakteri sedangkan piperin ditemukan oleh peneliti dapat membantu mengatur tingkat metabolisme otot yang dapat mengurangi obesitas dan diabetes.

Bagi yang ingin menanam rempah yang kaya manfaat ini bisa diperhatikan media tanamnya yaitu tanah. Tanah yang digunakan harus subur, gembur dan mengandung unsur hara jangan terlalu kering atau tergenang air. Menanam lada dengan cara stek hasilnya pohon lada tidak akan merambat tetapi dapat tumbuh pendek segingga mudah untuk memetik buahnya bila panen.

Baca juga:

Khasiat Buah Takokak untuk Kesehatan dan Sebagai Masakan

Manfaat Pepaya California untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *