belerang
Home » Kesehatan » Manfaat Belerang Dalam Kehidupan dan Untuk Perawatan Kulit

Manfaat Belerang Dalam Kehidupan dan Untuk Perawatan Kulit

iarsip.com – Belerang atau sulfur terdapat dua bentuk yaitu belerang alam dan belerang persenyawaan sulfida logam. Endapan belerang terbentuk akibat gas-gas dan larutan yang mengandung belerang keluar dari bumi yang berdekatan dengan gunung berapi yang masih aktif. Belerang pada umumnya berwarna kuning dan keras apabila dibakar menghasilkan gas SO2 yang berbau tidak sedap. Meskipun mempunyai bau tidak sedap belerang mempunyai manfaat dalam kehidupan sehari-hari terutama mengobati berbagai masalah penyakit kulit.

Belerang dapat ditemukan dibeberapa wilayah di Indonesia yang berdekatan dengan gunung berapi yang masih aktif diantaranya Gunung Tangkuban Perahu ( Jawa Barat), Gunung Dieng (Jawa Tengah), Gunung Arjuno (Jawa Timur), Gunung Mahawu (Sulawesi Utara) dan Gunung Ijen (Jawa Timur). Belerang sudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari sejak zaman dahulu yaitu dalam bidang pertanian yang digunakan sebagai pembuatan pupuk sulfat dan fosfat. Tidak hanya untuk pertanian belerang dapat digunakan untuk kesehatan dan perawatan kecantikan, karena belerang mempunyai kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang mampu mengatasi masalah kulit.

belerang

Berikut manfaat belerang untuk kesehatan kulit diantaranya:

  1. Mengatasi jerawat.
    Timbulnya jerawat sangat mengganggu penampilan karena itu dapat diatasi dengan belerang yang faktanya dapat mencegah produksi minyak berlebih pada kulit maka dari itu dipercaya mengobati jerawat dan menyumbat pori-pori kulit sehingga nencegah jerawat baru.
  2. Mengobati panu.
    Belerang juga dapat mengobati penyakit panu yaitu dengan cara mencampurkan bubuk belerang dengan minyak sayur dan oleskan pada kulit yang berpanu.
  3. Mengatasi gatal.
    Untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit dapat dilakukan dengan berendam dalam air belerang karena mengandung antibakteri yang dapat membasmi kuman dan jamur penyebab gatal pada kulit.
  4. Mengatasi penyakit eksim.
    Penyakit eksim pada kulit tentunya sangat menggangu dan merusak kecantikan kulit segeralah atasi dengan belerang yang dicampur dengan daun sirih, pala, lada dan minyak zaitun lalu haluskan semua bahan lalu oleskan pada kulit yang terkena eksim biarkan selama 30 menit lalu cuci sampai bersih. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari agar hasil maksimal.
  5. Mengangkat sel kulit mati.
    Agar wajah tidak terlihat kusam belerang dapat menjadi karena belerang bersifat keratolitik yang dapat membersihkan sel kulit mati. Zat keratolitik yaitu zat agen yang bekerja mengatasi masalah kulit dengan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.
  6. Dapat membersihkan pori-pori kulit.
    Penggunaan belerang dapat membuat bakteri pada kulit akan ikut tertarik keluar sehingga kulit akan menjadi bersih sekaligus sehat.
  7. Mengatasi penuaan dini.
    Belerang diyakini bisa membuat kulit yang kendur akan menjadi kencang kembali caranya dengan menggunakan belerang menjadi masker

Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam kekayaan bumi ini untuk kehidupan manusia. Untuk itu manfaatkanlah secara benar dan tepat meskipun disamping manfaat pastinya ada efek samping. Efek samping dari penggunaan belerang dapat menyebabkan iritasi pada kulit oleh sebab itu gunakanlah dosis dan penggunaan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Bahaya Meniup Makanan Panas Bagi Kesehatan dan Bahayanya Menurut Islam

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Baik untuk Asupan Nutrisi

Khasiat Buah Takokak untuk Kesehatan dan Sedap untuk Sajian Masakan

 

(iarsip.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *