Buah buncis

Manfaat Buah Buncis dan Kandungan Gizi di Dalamnya

iarsip.com – Buncis atau Phaseolus vulgaris merupakan sayuran hijau sejenis polong-polongan yang sering dikonsumsi sebagai bahan dasar atau bahan campuran memasak. Buncis memiliki ciri-ciri yaitu memiliki buah berwarna hijau bila masih muda dengan panjang sekitar 10-15 cm dan memiliki biji di dalamnya. Apabila sudah tua akan berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buncis yang masih muda inilah yang biasa dikonsumsi. Manfaat buah buncis dan kandungan gizi di dalamnya sangat luar biasa. Buncis terdiri dari 2 jenis yaitu buncis yang tumbuhnya merambat seperti semak dan harus menggunakan turus untuk penyangga biasanya terbuat dari bambu dan buncis yang tumbuhnya tegak dan tidak terlalu tinggi sehingga tidak perlu penopang. Budidaya buncis dapat dilakukan di dataran sedang ataupun dataran tinggi. Jika pembaca ingin menanam buncis jangan hanya diberi pupuk dasar (pupuk kandang) tetapi harus di beri tambahan pupuk organik dan pupuk anorganik (NPK). Kedua pupuk ini akan melengkapi sehingga buncis yang dihasilkan lebat dan berkualitas.

Ternyata buncis bukan berasal dari Indonesia tetapi dari Amerika dan Meksiko. Penyebaran buncis ini berawal dari Inggris, Eropa, Afrika lalu ke Indonesia. Daerah penghasil buncis di Indonesia diantaranya Bogor (Jawa Barat), Bandung (Jawa Barat) dan Cianjur (Jawa Barat). Buncis memiliki beberapa kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan gizi itu seperti karbohidrat, kalori, air, gula, protein, lemak, vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, fosfor, potasium dan magnesium. Begitu melimpahnya zat gizi dalam buah buncis yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

uah buncis

Manfaat buah buncis diantaranya:

  1. Menyehatkan sistem pencernaan, serat yang terkandung dalam buah buncis dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan.
  2. Menjaga kesehatan tulang, kandungan vitamin K dan zat besi dalam buncis akan menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.
  3. Memelihara kesehatan jantung, kandungan kalsium dan flavonoid nya dapat menjaga kesehatan jantung.
  4. Menjaga kesehatan mata, mengkonsumsi buncis dapat mencegah kerusakan pada mata dan penurunan fungsi penglihatan karena buncis mengandung vitamin A dan lutein.
  5. Menjaga sistem imunitas, antioksidan pada buncis seperti flavonoid ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Mencegah infeksi, buncis mengandung Niacin dan tiamin yang dapat membantu mengurangi infeksi dalam tubuh.
  7. Baik untuk ibu hamil, kandungan folat dan mineral dalam buncis dapat mencegah kecacatan pada janin.
  8. Diet sehat, buncis mengandung kalori yang rendah sehingga baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang berdiet.

Dengan melimpahnya kandungan gizi dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh disarankan konsumsilah buncis agar tubuh kita tetap sehat. Buncis dapat diolah menjadi beberapa masakan misalnya tumisan, direbus sebagai lalapan, buncis krispi dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Kandungan Buah Jeruk dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kecipir untuk Kesehatan Dengan Gizi Melimpah

Manfaat Makan Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *