Buah kecipir

Manfaat Buah Kecipir untuk Kesehatan Dengan Gizi Melimpah

iarsip.com – Kecipir memiliki bahasa ilmiah Psophocarpus tetragonolabus merupakan tanaman sayur yang tumbuhnya merambat dan termasuk kedalam jenis polong-polongan. Tanaman ini diduga berasal dari India, Burma dan Papua dan sekarang sudah tersebar luas ke negara-negara tropis. Buah kecipir kalau di daerah saya Ciamis namanya jaat memiliki bentuk polong yang bersayap 4 memanjang dan pada umumnya kecipir mudaberwarna hijau dan kecipir yang sudah tua berwarna hitam. Kecipir yang masih muda biasanya dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu misalnya dikukus sebagai lalapan, ditumis atau sebagai campuran gado-gado. Kecipir yang sudah tua memiliki biji yang sangat keras tetapi sering diolah menjadi cemilan dengan digoreng terlebih dahulu lalu diberi bumbu-bumbu. Tetapi meskipun keras biji kecipir ini mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Buah yang tidak terlalu populer ini ternyata memiliki manfaat. Manfaat buah kecipir untuk kesehatan dapat disimak dibawah ini.

Bila Anda suka akan sayur kecipir tidak ada salahnya menanam sendiri dikebun atau pekarangan. Tanaman kecipir dapat tumbuh dengan tanah yang memiliki kandungan bahan organik yang rendah dan tanaman ini tahan akan kekeringan. Bila akan menanam sebaiknya pada waktu musim hujan dan benihnya didapat dari biji kecipir yang sudah tua. Selain mudah ditanam kecipir memiliki zat yang baik untuk tubuh. Zat-zat tersebut diantaranya energi, karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin E, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng. Banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat untuk yang mengkonsumsinya.

Manfaat buah kecipir untuk kesehatan adalah:

  1. Sumber vitamin, kecipir menggunakan antioksidan dan vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu sangat baik bila mengkonsumsi kecipir karena akan terjaga vitalitas tubuh dan dapat melengkapi kebutuhan vitamin harian Anda.
  2. Rendah kalori, kecipir kaya akan serat sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan dan baik untuk program diet.
  3. Lemak, buah kecipir dapat memberikan asupan lemak baik karena buah ini memiliki lemak jenuh, lemak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda.
  4. Asam folat, buah kecipir ini sangat baik untuk ibu hamil karena kandungan asam folat dapat mencegah kecacatan dan menjaga kesehatan janin.
  5. Protein, bila Anda ingin mendapatkan energi yang cukup dan protein yang setara dengan kedelai maka konsumsilah kecipir karena itu semua terdapat dalam buah tersebut.
  6. Kalsium, zat kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Begitu melimpahnya kandungan gizi dalam kecipir dan banyak pula manfaatnya bagi kesehatan. Bila ingin memasak kecipir pastikan yang masih muda agar teksturnya mudah dicerna. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Manfaat Buah Pisang Kepok Rebus Untuk Menjaga Kesehatan

Manfaat Tanaman Porang yang Kini Mendunia

Kegunaan Merica Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

(iarsip.com).

Tinggalkan komentar