Manfaat Cabai Rawit Merah Selain untuk Bumbu Masak

iarsip.com – Manfaat cabai rawit merah yaitu untuk bumbu masak yang sering digunakan oleh para ibu rumah tangga. Sambal adalah menu wajib disetiap hidangan. Tidak ada sambal makan terasa hambar dan kurang berselera. Sambal inilah bahan utamanya yaitu cabai rawit merah yang rasanya pedas tetapi sangat nikmat. Cabai rawit memiliki bahasa ilmiah Capicum frutescens L yang tidak hanya dibudidayakan di Indonesia tetapi dibudidayakan di beberapa negara tropis. Pada awalnya cabai rawit berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah lalu menyebar ke berbagai negara di dunia. Beberapa negara penghasil cabai rawit yaitu Cina, Meksiko, Turki, Indonesia, Spanyol, Amerika Selatan, Nigeria dan Mesir.

Kegunaan cabai rawit dalam masakan merupakan penyedia rasa yang mampu menambah selera makan para pecinta pedas. Meskipun makanan pedas ini nikmat tapi jaga porsi ya jangan berlebihan agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Dalam cabai rawit yang rasanya pedas ternyata mengandung beberapa vitamin diantaranya Capsaicin, betakaroten, vitamin A, vitamin B, vitamin C, mineral, kalsium, fosfor, protein, karbohidrat, zat besi dan kalium. Pedasnya cabai rawit juga mengandung manfaat untuk tubuh. Simak saja manfaat cabai rawit selain untuk bumbu masak.

Manfaat cabai rawit merah yaitu:

  1. Meredakan rasa sakit, rasa pedas pada cabai rawit mampu berperan menghentikan saraf mengirimkan sinyal rasa sakit. Rasa sakit yang mampu diredakan yaitu herpes, diabetes, kram otot pada pundak dan reumatik.
  2. Diet, kandungan Capsaicin mampu mengurangi kalori dan mampu meningkatkan pembakaran lemak.
  3. Anti kanker, cabai rawit dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker karena kandungan Capsaicin dalam cabai rawit dapat mencegah sel kanker tersebut.
  4. Menjaga kesehatan jantung, mengkonsumsi cabai rawit dapat menjaga kestabilan tekanan darah sehingga akan terhindar dari serangan penyakit jantung.
  5. Menjaga imunitas, kandungan vitamin C dalam cabai rawit mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
  6. Anti inflamasi, cabai rawit banyak digunakan sebagai obat herbal untuk beberapa penyakit diantaranya gula darah, arthritis (pembengkakan sendi), psoriasis ( radang kulit) dan kerusakan saraf.
  7. Menjaga kesehatan pencernaan, bila dikonsumsi tidak berlebihan cabai rawit mampu meningkatkan pertahanan lambung terhadap infeksi, meningkatkan cairan pencernaan dan mengantarkan enzim ke lambung.
  8. Meredakan flu, cabai rawit dapat meringankan gejala flu, bersin-bersin dan hidung tersumbat karena kandungan Capsaicin nya dapat mengecilkan pembuluh darah pada hidung dan tenggorokan.

Untuk pecinta kuliner pedas tetap jaga kesehatan karena cabai rawit itu disamping banyak manfaat terdapat pula bahayanya. Bahaya makan pedas berlebihan diantaranya sakit perut, maag, refluks asam, insomnia dan mengurangi sensitivitas lidah.

Baca juga:

Manfaat Makan Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Kegunaan Merica Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Asupan Nutrisi

(iarsip.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *