Daun kastuba

Manfaat Daun Kastuba Untuk Obat Luar dan ASI

iarsip.com – Tanaman kastuba (Euphorbia pulcherrima) adalah jenis tanaman subtropis yang digunakan sebagai tanaman hias dan sebagai obat tradisional. Mungkin karena daun yang masih muda berwarna merah dan berwarna hijau ketika sudah tua maka banyak diburu untuk dijadikan penghias halaman rumah. Ada beberapa nama lain untuk tanaman ini diantaranya godong racun, kayu merah, puring benggala dan poinsettia. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko dan diperkenalkan oleh duta besar pertama Amerika untuk Meksiko yaitu Joel Robert Poinsett sehingga tanaman-tanaman ini dinamakan poinsettia. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Indonesia sebab tanah Indonesia berfotensi untuk bercocok tanam dengan iklimnya yang kondusif. Manfaat daunĀ  kastuba sering digunakan untuk menghiasi hari besar keagamaan yaitu Natal dan sebagai obat tradisional.

Tanaman yang berdaun berbentuk elips memanjang dan ujungnya meruncing ini mempunyai getah berwarna putih seperti susu. Ada beberapa jenis tanaman kastuba yang ada di Indonesia diantaranya kastuba mawar merah (daun yang masih muda berwarna merah dan membetuk seperti bunga mawar), kastuba putih kuning (daun yang masih muda berwarna kuning bercampur putih), kastuba merah (daun yang masih muda berwarna merah), kastuba pink (daun yang masih muda berwarna merah muda) dan kastuba hijau (daun yang masih muda dan daun yang sudah tua sama-sama hijau). Bila Anda ingin membudidayakannya sangat mudah sekali yaitu dengan cara stek batang. Pilihlah batang yang tua dan bebas hama.

Dibalik cantiknya tanaman ini tersembunyi zat-zat yang bermanfaat diantaranya alkaloid, saponin, lemak dan amylodextrin. Sedangkan bagian batang mengandung saponin, sulfur, lemak, amilodextrin, asam format dan kanji. Ditempat saya kastuba hijau sering dikonsumsi sebagai lalapan atau tumisan dengan merebusnya atau dikukus terlebih dahulu. Rasanya lezat dan manis tak kalah lezat dengan daun singkong. Godong racun (daun beracun) te rnyata tidak beracun seperti namanya. Disamping mengandung zat-zat yang baik daun kastuba juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasannya.

Daun kastuba

Manfaat daun kastuba yaitu:

Setiap bagian tumbuhan dari daun, bunga, getah sampai akar dapat digunakan sebagai obat. Penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun kastuba misalnya disentri, radang kulit, infeksi kulit, bengkak/memar, menyuburkan ASI dan melancarkan haid. Untuk obat luar cukup menghaluskan beberapa lembar daun kastuba lalu tempelkan pada yang sakit. Untuk penambah ASI gunakan bunga atau daun dan merebusnya lalu diminum. Tetapi jangan berlebihan agar tidak timbul hal-hal negatif.

Baca juga:

Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Daun Binahong Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *