daun seledri

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Asupan Nutrisi

iarsip.com – Seledri (Apium Graveolens) merupakan sayuran dan digunakan sebagai obat tradisional. Seledri dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah atau sudah dimasak terlebih dahulu. Seledri memiliki daun yang hijau dan memiliki aroma yang khas sehingga dapat digunakan sebagai bumbu dan campuran masakan sup, soto atau bubur ayam. Selain untuk bumbu campuran seledri juga dapat dikonsumsi air rebusannya dan bisa juga dibuat jus. Sangat banyak sekali manfaat daun seledri untuk kesehatan dan baik untuk asupan nutrisi.

Seledri merupakan jenis sayuran yang rendah kalori tetapi sayuran ini mempunyai nutrisi yang cukup melimpah. Nutrisi yang terkandung dalam sayuran seledri diantaranya karbohidrat, protein, serat, zat besi, vitamin C, kalsium, folat, vitamin E dan vitamin K. Begitu banyak kandungan dalam sayuran seledri yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat seledri untuk menjaga kesehatan.

seledri

Manfaat daun seledri untuk kesehatan meliputi:

  1. Menurunkan kadar kolesterol, kandungan dalam daun seledri dapat menurunkan kadar lemak darah dan apabila penderita kolesterol berlebih mengkonsumsi jus seledri setiap hari akan menunjukkan penurunan kadar kolesterol jahat.
  2. Menurunkan tekanan darah, ekstrak seledri memiliki manfaat antihipertensi dan sayuran kimia organik yang dapat menurunkan tingkat hormon stress. Kandungan kaliumnya dapat merilekskan jaringan dinding pembuluh darah arteri yang mengakibatkan meningkatnya aliran darah dan menurunkan tekanan darah.
  3. Menjaga kesehatan jantung, kandungan vitamin C, serat dan senyawa kimia organik dalam seledri dapat menjaga kesehatan jantung.
  4. Meredakan nyeri sendi, seledri bermanfaat sebagai antiinflamasi yang membantu meredakan pembengkakan dan nyeri pada sendi untuk itu seledri sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat, rematik dan radang sendi.
  5. Meningkatkan sistem imunitas, seledri mengandung vitamin C dan antioksidan sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Mencegah infeksi saluran kencing, efek diuretik pada sayuran seledri sangat bermanfaat untuk membantu mencegah infeksi saluran kencing pada wanita dan dapat mengobati ginjal.
  7. Untuk diet, seledri memiliki kandungan rendah kalori dan serat sehingga apabila mengkonsumsi jus seledri dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi makan.
  8. Menjaga keseimbangan cairan, seledri mengandung banyak air, natrium, kalium dan mineral yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
  9. Menjaga kesehatan hati, mengkonsumsi seledri dapat menurunkan kadar lemak dalam hati hal ini menunjukkan sayuran ini sangat mendukung organ hati berfungsi dengan normal.
  10. Untuk kesehatan rambut, daun seledri memiliki kandungan protein nabati sehingga mampu merangsang pertumbuhan rambut, mengatasi kerontokan dan menghilangkan ketombe.

Banyak ya manfaat daun seledri untuk kesehatan. Tanamlah seledri dihalaman rumah atau kita bisa mendapatkannya di pasar tradisional atau supermarket. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Khasiat Daun Binahong Merah untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit Wajah

Manfaat Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

Khasiat Buah Takokak untuk Kesehatan dan Sedap untuk Sajian Masakan

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *