Jagung manis

Manfaat Jagung Manis untuk Kesehatan dan Kandungannya

iarsip.com – Masyarakat Indonesia mempunyai kebiasaan mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Nasi memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi dari pada bahan pokok lainnya. Selain nasi ada bahan pokok lainnya yaitu salah satunya jagung. Ada beberapa jenis jagung yang dibudidayakan di Indonesia yaitu jagung mutiara, jagung gigi kuda, jagung manis, jagung berondong, jagung tepung, jagung ketan dan jagung polong. Disini saya akan membahas salah satu dari jenis jagung di atas yaitu jagung manis. Jagung manis ini di duga berasal dari Amerika Tengah (Meksiko). Artikel terkait manfaat jagung manis untuk kesehatan mungkin akan menambah info dan pengetahuan para pembaca.

Jagung manis memiliki nama ilmiah Zea ways yang memiliki ciri-ciri yaitu pohon lebih pendek, rambut jagung manis berwarna kuning muda dan bongkol jagung lebih kecil dari jagung biasa. Jagung manis dapat diolah menjadi beberapa olahan misalnya perkedel jagung, dadar jagung, pie jagung, jasuke, kue, es krim, bola-bola jagung keju dan masih banyak lagi sajian lezat lainnya. Selain lezat jagung manis memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan diantaranya karbohidrat, mineral, zat besi, serat, kalori, vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan antioksidan. Dari kandungan tersebut dapat mendatangkan manfaat bagi tubuh.

Jagung manis

Manfaat jagung manis untuk kesehatan ialah:

  1. Kesehatan jantung, dalam jagung manis mengandung karotenoid yang berguna untuk mencegah penyumbatan pembuluh arteri sehingga dapat mencegah penyakit jantung.
  2. Mencegah kanker, jagung manis memiliki zat antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker terutama kanker hati dan kanker payudara.
  3. Mencegah gangguan pencernaan, jagung manis kaya akan serat maka dari itu dapat mencegah gangguan pada saluran pencernaan.
  4. Mengatasi anemia, zat besi, asam folat dan vitamin B dalam jagung manis dapat mencegah terjadinya anemia.
  5. Untuk kesehatan mata, kandungan vitamin A dan karotenoid dalam jagung manis ternyata dapat mencegah gangguan pada mata sejak dini.
  6. Baik untuk ibu hamil, kandungan asam folat dan kandungan vitamin yang lainnya sangat baik untuk ibu hamil karena akan mencegah kecacatan pada bayi.
  7. Merawat kulit, untuk mendapatkan kulit yang halus dan sehat dapat dilakukan secara alami misalnya membuat masker dari jagung manis atau rajin meminum air rebusan jagung manis.

Baca juga:

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungannya

Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan dan Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan Buah Jeruk dan Manfaatnya untuk Kesehatan

(iarsip.com)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *