Jambu biji merah

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan dan imunitas

iarsip.com – Manfaat jambu biji merah untuk kesehatan termasuk meningkatkan trombosit. Jambu biji merah (Psidium guajava Linn) merupakan jambu biji yang serupa dengan jambu kristal, jambu klutuk atau jambu batu tetapi memiliki biji berwarna merah. Bentuknya bulat dan berkulit hijau muda dan kekuningan apabila sudah matang dan memiliki wangi yang khas. Jambu biji merah termasuk tumbuhan monokotil atau tumbuhan yang memiliki biji tunggal tidak terbelah. Buah ini dapat berbuah setiap tahun dan termasuk buah musiman.

Tanaman jambu merah berasal dari Brazil Amerika Tengah lalu menyebar ke wilayah Asia termasuk Indonesia. Di Tanah Air banyak sekali dibudidayakan di beberapa daerah. Salah satu daerah penghasil jambu merah terbesar yaitu Kendal Jawa Tengah. Dari tahun ke tahun permintaan terhadap jambu biji merah semakin meningkat. Jambu merah sering dikonsumsi oleh penderita DBD. Mengapa? Karena jambu merah dapat mengembalikan kondisi tubuh yang lemah berkat vitamin C yang dimilikinya. Selain vitamin C banyak tersimpan nutrisi lainnya yaitu vitamin A, vitamin B, zat besi, serat, protein, magnesium, kalium dan antioksidan. Dari kandungan nutrisi diatas inilah sederet manfaat dari jambu merah.

Jambu biji merah

Manfaat jambu biji merah untuk kesehatan yaitu:

  1. Untuk menjaga kesehatan jantung, vitamin dan antioksidannya dapat menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah dan kolesterol.
  2. Untuk diet, yang mendambakan berat badan ideal konsumsilah jambu merah karena kandungan seratnya akan membuat kenyang lebih lama.
  3. Mencegah diabetes, untuk penderita diabetes coba saja minum teh daun jambu dan rasakan hasilnya. Daun jambu biji dapat mengontrol kadar gula darah resistensi insulin.
  4. Mencegah kanker, antioksidan dalam jambu merah dapat mencegah radikal bebas yang mengakibatkan pertumbuhan sel kanker.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C yang melimpah dalam jambu merah dan kandungan antioksidannya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Menjaga kesehatan kulit, antioksidan dan vitamin C juga dapat menjaga kulit tetap halus dan sehat dan dapat menunda penuaan dini.
  7. Menyehatkan saluran pencernaan, serat yang terkandung dalam jambu merah dapat mencegah gangguan pencernaan seperti diare.
  8. Menyehatkan mata, dengan mengkonsumsi jambu merah sistem penglihatan akan terlindungi dari berbagai masalah pada mata dengan nutrisi vitamin A dan vitamin C maka penglihatan akan tetap tajam dan sehat.
  9. Meningkatkan trombosit, jus jambu merah sangat dianjurkan untuk penderita demam berdarah karena dapat meningkatkan trombosit.

Baca juga:

Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan dan Baik Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan dan Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungannya

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *