Kolang kaling

Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan dan Cara Pembuatannya

iarsip.com – Siapa yang suka kolang kaling? Tentunya semua pasti suka dengan makanan satu ini. Kolang kaling sering di gunakan dalam olahan makanan atau minuman misalnya es campur, kolak, manisan dan lain-lain. Kolang Kaling merupakan buah yang berasal dari pohon aren yang berwarna putih dan berbentuk lonjong. Kolang kaling memiliki kulit berwarna hijau dan dalam satu tangkai terdapat ribuan biji kolang kaling. Cara mengupas biji kolang kaling yaitu dengan cara membakar buah aren atau merebusnya sampai kulitnya berubah warna kecoklatan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengambilan bagian dalam dan mencegah getahnya yang biasanya menimbulkan gatal. Setelah itu buahnya di geprek dengan menggunakan alat dan diambil bagian dalamnya yang berwarna putih yang populer di sebut kolang kaling. Selain digunakan sebagai campuran makanan ternyata kolang kaling memiliki manfaat yang luar biasa. Manfaat kolang kaling untuk kesehatan jarang diketahui sebagaian masyarakat.

Kolang kaling yang berasal dari pohon aren (Arenga pinata) biasa tumbuh di wilayah tropis yang berdataran tinggi. Di Indonesia sangat banyak sekali tumbuh pohon aren sehingga untuk mendapatkan kolang kaling tidaklah sulit. Kolang kaling banyak mengandung serat, kalsium, vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi juga mengandung vitamin B, vitamin K, folat, karbohidrat, protein dan lemak. Banyaknya kandungan nutrisi dalam kolang kaling tentunya mendatangkan manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Berikut manfaat kolang kaling untuk kesehatan.

Kolang kaling

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh yaitu:

  1. Mengatasi asam urat, kandungan air dalam kolang-kaling dapat mengurangi zat purin dalam persendian sehingga dapat mengatasi penyakit asam urat.
  2. Menjaga kesehatan tulang, mengkonsumsi kolang kaling dapat menjaga tulang tetap sehat dan kuat sebab didalamnya terdapat kandungan kalsium yang cukup tinggi.
  3. Merawat kulit, sangat beruntung bila pembaca suka mengkonsumsi kolang kaling karena anti-aging nya dapat melawan radikal bebas dan menunda penuaan dini.
  4. Melancarkan pencernaan, kolang kaling mengandung serat kasar yang dapat mendukung sistem pencernaan menjadi baik dan lancar.
  5. Mengatasi osteoporosis, kandungan kalsium dan fosfor dalam kolang kaling dapat mengatasi tulang keropos atau osteoporosis.
  6. Mencegah anemia, kandungan zat besi pada kolang kaling dapat mengatasi penderita anemia. Apabila penderita anemia mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang cukup maka akan terhindar dari penyakit tersebut.

Baca juga:

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan dan imunitas

Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan dan Baik Untuk Ibu Hamil

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *