Kuaci biji bunga matahari

Manfaat Kuaci Biji Bunga Matahari untuk Tubuh Kita

iarsip.com – Kuaci merupakan cemilan yang berasal dari biji bunga matahari tetapi ada juga dari biji semangka atau biji waluh. Di artikel ini saya akan membahas sedikit tentang manfaat kuaci biji bunga matahari yang ternyata banyak kegunaannya untuk tubuh. Biji bunga matahari diproses melalui pengeringan atau pemanggangan dan rasanya gurih. Kuaci banyak disukai berbagai kalangan untuk menemani saat santai, berkumpul bersama keluarga atau teman dan juga sangat cocok untuk ngemil saat perjalanan. Bunga matahari banyak ditanam hanya sebagai tanaman hias saja tetapi sekarang banyak di budidayakan untuk cemilan dan kosmetik. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Peru lalu menyebar ke berbagai negara seperti Jerman, Perancis, Rusia, Bulgaria, Amerika dan Indonesia. Sentra budidaya bunga matahari di Indonesia yaitu terdapat di wilayah Jawa tengah dan Jawa timur.

Cemilan gurih ini memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita. Biji bunga matahari salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi dan mempunyai nilai kecukupan gizi. Kuaci mengandung beberapa nutrisi diantaranya vitamin B1, vitamin B3, vitamin B 5, vitamin E, lemak tak jenuh, mangan, magnesium, tembaga, selenium, fosfor dan folat. Kuaci banyak dijual di toko-toko terdekat bahkan supermarket dengan harga yang masih terjangkau dan banyak varian rasa. Kuaci yang banyak mengandung nutrisi tentunya banyak manfaat untuk kesehatan. Simaklah apa saja manfaat yang didapat bila mengkonsumsi kuaci.

Kuaci

Manfaat kuaci biji bunga matahari untuk tubuh diantaranya:

  1. Mencegah stroke, vitamin E yang berperan sebagai radikal bebas dari oksidasi kolesterol yang dapat mencegah penyakit jantung sekaligus mencegah penyakit stroke.
  2. Menjaga kesehatan pencernaan, serat yang terkandung dalam biji bunga matahari dapat memperlancar pencernaan dan dapat mencegah berbagai masalah pencernaan.
  3. Mencegah depresi, kandungan magnesium yang ada dalam kuaci dapat membantu penurunan depresi.
  4. Mencegah kanker, dalam kuaci mengandung selenium yang berperan penting dalam meningkatkan perbaikan DNA dan sekaligus mencegah sel-sel kanker.
  5. Menjaga kesehatan kulit, bila pembaca mendambakan kulit yang halus dan sehat rajinlah mengkonsumsi kuaci secara teratur sebab lemak esensial nya dapat mendorong pembentukan kolagen dan elastin.
  6. Baik untuk kesehatan tulang, kuaci mengandung mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan sehat.
  7. Baik untuk ibu hamil, ada kandungan folat dalam biji bunga matahari yang tentunya sangat baik untuk pertumbuhan janin.

Konsumsilah kuaci dalam jumlah yang tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek yang tidak baik sebab segala sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan hal negatif. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Manfaat Makan Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Putih untuk Tubuh Manusia dan Kesehatan

Manfaat Daun Kastuba Untuk Obat Luar dan ASI

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *