Laja merah
Home » Kesehatan » Manfaat Laja Merah Untuk Obat Tradisional dan Bumbu Masak

Manfaat Laja Merah Untuk Obat Tradisional dan Bumbu Masak

iarsip.com – Manfaat laja merah untuk obat tradisional merupakan umbi-umbian yang hidup didataran rendah atau dataran tinggi. Laja merah biasanya digunakan sebagai bumbu masak dan ada juga yang menggunakannya sebagai obat tradisional. Laja merah digunakan sebagai bumbu dapur oleh ibu-ibu dalam masakan tertentu misalnya rendang, semur, sayur asam atau orek tempe. Sedangkan bila digunakan untuk obat tradisional biasanya diparut atau digeprek terlebih dahulu.

Laja merah (Alpinia purpurata) mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh misalnya saponin, tanin, flavonoida dan minyak atsiri. Sebagian masyarakat Indonesia mengenal tanaman ini, tetapi kegunaan dari laja merah ini masih minim diketahui terutama untuk obat tradisional. Apa saja kegunaannya? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini!

Laja merah

Manfaat laja merah untuk obat tradisional adalah:

  1. Meredakan demam, didalam laja merah memiliki kandungan analgesik dan antipiretik yang mana kandungan ini mampu mengurangi demam dan mengurangi infeksi. Patutlah laja merah sebanyak 3 ruas jari lalu peras airnya tambahkan sejumput garam lalu minum.
  2. Merawat kulit, kandungan antioksidannya mampu menghilangkan racun-racun dalam tubuh dan mengsirkulasi darah dan mampu mencegah radikal bebas yang merusak kulit.
  3. Membasmi ketombe, ketombe dikulit kepala sangat menggangu sekali selain gatal juga beraroma tak sedap. Nah, cobalah dengan ekstrak laja merah yang berperan sebagai antiseptik dan dapat membantu menghilangkan ketombe.
  4. Mengobati reumatik, parutlah laja merah dan peras airnya campurkan dengan kuning telur dan diminum 1 kali dalam sehari.
  5. Mengobati panu, tumbuklah laja merah sebanyak 3 ruas jari dan campurkan dengan kapur sirih secukupnya lalu gosokkan pada kulit yang bermasalah pada pagi dan sore hari.
  6. Mengobati perut kembung, siapkan laja merah sebanyak 2 ruas jari lalu iris-iris dan rebuslah dengan air sebanyak 3 gelas sampai menjadi 2 gelas dan minumlah.
  7. Meningkatkan stamina, siapkan 3 ruas jari laja merah, 2 ruas jari jahe merah dan 1 sendok teh lada hitam bubuk rebuslah dengan air sebanyak 4 gelas sampai menjadi 3 gelas minumlah dengan menambahkan madu.
  8. Mengobati bronkitis, parutlah 1 ruas jari laja merah lalu peras tambahkan 1/2 gelas air hangat dan 2 sendok makan madu minumlah 3 kali dalam sehari.

Itulah manfaat laja merah untuk obat tradisional dan sekedar untuk pengetahuan. Pengobatan dengan menggunakan laja merah sangat mudah cukup diparut dan direbus saja dan tidak memberikan efek samping. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Manfaat Pepaya California untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Baik untuk Asupan Nutrisi

(iarsip.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *