Buah belimbing

Manfaat Mengkonsumsi Buah Belimbing Bagi Kesehatan

iarsip.com – Manfaat mengkonsumsi buah belimbing bagi kesehatan masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahuinya yang menurut beberapa sumber sangat baik untuk kesehatan. Belimbing (Averrhoa carambola) adalah salah satu jenis buah-buahan yang rasanya manis sedikit asam dan segar. Buah belimbing ini disebut juga star fruit karena memiliki lima rusuk bila dipotong melintang akan membentuk bintang. Daging buah belimbing mengandung banyak air rasanya manis dan menyegarkan. Buah yang berbentuk khas ini berasal dari negara beriklim tropis yaitu Malaysia dan India dan sekarang sudah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Pohon belimbing sering tumbuh dipekarangan rumah sebagai peneduh atau bahkan dibudidayakan di perkebunan.

Belimbing yang banyak digemari untuk dikonsumsi adalah jenis belimbing madu. Sentra budidaya belimbing di Indonesia terdapat di daerah Blitar Jawa timur, Medan Sumatera Utara, Demak Jawa Tengah dan Bogor Jawa Barat. Selain rasanya manis dan segar buah belimbing mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan gizi pada buah belimbing diantaranya vitamin A, vitamin C, potasium, serat, antioksidan, dan uhin polifenol, magnesium, protein, kalsium dan zat besi. Dibawah ini ada beberapa manfaat mengonsumsi buah belimbing bagi kesehatan.

Buah belimbing

Manfaat mengkonsumsi buah belimbing bagi kesehatan adalah:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan vitamin C dalam buah belimbing sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal berbagai macam penyakit.
  2. Mencegah kanker, buah belimbing kaya akan flavonoid, felifenol yang bersifat antioksidan dan penangkal radikal bebas, karena itu dapat mengatasi dan mencegah kanker.
  3. Menurunkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi jus buah belimbing dapat bermanfaat menekan hipertensi.
  4. Mengatasi kolesterol, buah belimbing juga bermanfaat mengontrol dan menurunkan gula darah dan kolesterol.
  5. Untuk program diet, karena mengandung serat yang tinggi buah belimbing sangat pas dikonsumsi oleh seseorang yang bertujuan ingin menurunkan berat badan.
  6. Melancarkan pencernaan, kandungan seratnya dapat memelihara kesehatan pencernaan dan menguatkan penyerapan nutrisi makanan.
  7. Memelihara kesehatan lambung, kandungan flavonoid dalam buah belimbing sangat baik untuk meredakan penyakit maag.
  8. Menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium, zat besi, fosfor dan magnesium dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.
  9. Meningkatkan produksi ASI, untuk ibu-ibu yang sedang menyusui konsumsilah buah belimbing agar ASI lebih banyak dan berkualitas.
  10. Merawat kesehatan kulit, pakailah masker belimbing untuk perawatan kulit Anda agar terlihat cantik dan segar serta dapat mencegah penuaan dini.

Mengkonsumsi buah belimbing dapat dimakan secara langsung atau dibuat jus ataupun salad buah. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang buah belimbing dan manfaatnya. Agar kita selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan.

Baca juga:

Khasiat Buah Sawo Untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

Khasiat Buah Takokak untuk Kesehatan dan Sebagai Masakan

Manfaat Buah Pisang Kepok Rebus Untuk Menjaga Kesehatan

(iarsip.com).

Tinggalkan komentar