Tanaman porang
Home » Tanaman » Manfaat Tanaman Porang yang Kini Mendunia

Manfaat Tanaman Porang yang Kini Mendunia

iarsip.com – Manfaat tanaman porang sekarang ini banyak diberitakan berbagai media. Lalu apakah tanaman porang itu? Porang (Amorphophallus muelerri) merupakan tanaman umbi-umbian yang dapat dikonsumsi. Umbi porang mempunyai nilai jual ekspor ke berbagai negara diantaranya Jepang, Australia, Cina dan Vietnam. Tanaman porang biasanya tumbuh di kebun diantara tanaman lain dan semak-semak yang bertanah gembur. Umbi porang berbentuk bulat dan besar memiliki kulit berwarna hitam kecoklatan. Untuk memanen umbi porang biasanya 1 sampai 2 kali dalam setahun. Umbi inilah yang nantinya akan diolah dan dikonsumsi atau diekspor ke beberapa negara.

Umbi porang yang dihasilkan dengan berbagai berat dan ukuran. Ada yang bisa mencapai 5 kg dalam satu batang dengan harga yang variatif perkilonya. Cara mengolah umbi porang pertama pisahkan terlebih dahulu dari pohon/batangnya lalu bersihkan dari kulitnya sampai benar-benar bersih. Setelah itu potong-potong umbi menjadi beberapa bagian dan dijemur sampai kering yang selanjutnya diolah untuk dijadikan berbagai kebutuhan. Umbi porang yang ternyata memiliki manfaat banyak dicari oleh pengusaha industri makanan.

Tanaman porang

Manfaat tanaman porang diantaranya:

  1. Laboratorium, zat yang terkandung dalam umbi porang mampu membantu mikroba berkembang biak dengan baik sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan.
  2. Bahan baku lem, umbi porang dapat dijadikan sebagai bahan lem yang aman dan ramah terhadap lingkungan.
  3. Isolator listrik, kandungan glucomannan yang membentuk gel alami ternyata bisa dijadikan isolator.
  4. Campuran bahan es krim, olahan umbi porang digunakan sebagai bahan pengental es krim agar tidak cepat meleleh.
  5. Pembuatan kertas, umbi porang bisa dijadikan sebagai campuran pembuatan kertas agar kertas yang dihasilkan kuat dan halus.
  6. Penjernih air, umbi porang sering digunakan sebagai penjernih air karena zat mannan alaminya dapat menyerap kotoran dalam air.
  7. Agar-agar, umbi porang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan memiliki sifat yang kental sehingga tepung porang dijadikan bahan pengganti agar-agar.
  8. Mengatasi diabetes, olahan makanan yang berbahan dasar porang sangat diminati karena memberi efek cepat kenyang sehingga sangat diburu para penderita diabetes.
  9. Pengganti makanan pokok, kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat sebagai pengganti nasi seperti halnya kentang atau jagung.
  10. Industri tekstil, umbi porang memiliki sifat yang kenyal sehingga digunakan oleh pengusaha tekstil untuk mengkilapkan kain.

Di Indonesia masih belum banyak yang membudidayakan tanaman ekspor ini baru beberapa wilayah diantaranya Madiun, Pasuruan dan Bandung. Besar sekali peluang bisnis tanaman porang karena tingginya permintaan para konsumen.

Baca juga:

Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Mini yang Praktis

Manfaat Laja Merah Untuk Obat Tradisional dan Bumbu Masak

(iarsip.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *