Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan dan Kandungan Gizi Dalamnya

iarsip.com – Ubi ungu diyakini banyak khasiat yang tersembunyi. Nah, disini iarsip.com akan memberi sedikit ulasan tentang manfaat ubi ungu untuk kesehatan.

Ubi jalar yang satu ini lagi populer akhir-akhir ini. Mengapa? Tentunya dari warna yang menarik sangat direkomendasikan untuk berbagai menu makanan lezat.

Mungkin ada yang belum tahu seperti apa ubi ungu yang lagi hits sekarang ini. Ciri-ciri ubi ungu hampir serupa dengan ubi jalar yang lainnya bentuknya pun sama tetapi yang membedakan hanya dari warna ubi itu sendiri yaitu ungu pada seluruh bagian ubinya.

Ubi jalar ungu dapat tumbuh di seluruh dataran tinggi di Indonesia dan dibudidayakan oleh petani-petani ubi karena banyaknya permintaan.

Ubi jalar ungu dapat diolah menjadi olahan makanan yang sangat lezat misalnya puding, bolu, kolak, es krim, keripik dan banyak lagi olahan lainnya.

Ubi jalar ungu memiliki bahasa latin ipomea batatas var ayumurasaki kalau dalam bahasa daerah saya disebut boled bungur berasal dari Benua Amerika tepatnya Amerika Tengah.

Ubi ungu yang dianggap makanan kampungan ternyata banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi itu diantaranya karbohidrat, protein, serat, antosianin dan antioksidan.
Adapun zat mineral dalam ubi ungu diantaranya kalsium, magnesium, potasium, fosfor, sodium, zat besi, kalium dan juga terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E dan vitamin K.

Tidak hanya mengenyangkan ubi ungu terdapat manfaat yang luar biasa. Dibawah ini beberapa manfaat dari ubi ungu yang patut diketahui.

Manfaat ubi ungu untuk kesehatan diantaranya:

  1. Menjaga berat badan, bagi pembaca yang ingi mengontrol berat badan yang ideal dapat mengkonsumsi ubi ungu karena dalam ubi ungu kandungan lemaknya sangat sedikit.
  2. Mencegah penuaan dini, kandungan antioksidan dan vitamin E dalam ubi ungu dapat memperlambat penuaan dini dan menyehatkan kulit.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan antosianin dan folifenol dapat membantu menangkal radikal bebas dan racun-racun yang berbahaya.
  4. Mencegah kanker, ubi ungu juga dapat mencegah penyakit kanker ini dikarenakan dalam ubi ungu mengandung antioksidan yang cukup tinggi.
  5. Mengatasi penyakit diabetes, ubi ungu ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan dapat menormalkan kembali.
  6. Mengatasi penyakit tekanan darah tinggi, bagi penderita hipertensi cobalah mengkonsumsi ubi ungu secara teratur karena ubi ungu dapat menormalkan tekanan darah.
  7. Mengobati asam urat, bagi pembaca yang memiliki masalah kesehatan asam urat sekarang dapat dihindari dengan mengkonsumsi ubi ungu karena antosianin dalam ubi ungu dapat menurunkan kadar asam urat.

Itulah diantaranya manfaat ubi jalar ungu dan juga kandungannya, semoga bermanfaat. (iarsip.com).

Baca juga:

Manfaat Jagung Manis untuk Kesehatan dan Kandungannya

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Manfaat Makan Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *