Menanam Anggrek Dalam Pot Plastik Tetap Cantik dan Subur

iarsip.com – Bunga anggrek sebagai tanaman hias memiliki bahasa latin orchidaceae yang merupakan bunga yang paling banyak jenisnya. Seperti kita ketahui jenis anggrek yang beraneka ragam dan warna lebih dari 20 jenis anggrek yang tumbuh di Indonesia. Para penggemar bunga anggrek banyak membudidayakannya dalam berbagai media. Anggrek biasa tumbuh menempel pada pohon lain atau disebut epifit dan tidak merugikan pada pohon yang ditumpanginya tidak seperti benalu yang merugikan pohon yang ditumpanginya. Bunga anggrek tidak hanya tumbuh menempel pada pohon lain tetapi tanaman anggrek dapat dibudidayakan dengan menggunakan pot. Pot yang digunakan tidak harus dari bahan keramik atau dari kayu tetapi dapat juga ditanam dalam pot plastik. Menanam anggrek dalam pot plastik sangat mudah dan tidak mengurangi keindahannya.

Bunga anggrek banyak tumbuh di daerah tropis dan Indonesia termasuk negara kedua di dunia setelah Brazil yang memiliki kekayaan bunga anggrek. Beberapa jenis anggrek yang tumbuh di Indonesia diantaranya anggrek bulan, anggrek tebu, anggrek kantung kolopaking, angrek hitam, anggrek sendok, anggrek bulan bintang, anggrek jambrud, anggrek jingga dan masih banyak lagi jenis anggrek yang tumbuh subur di Nusantara.

Menanam anggrek dalam pot plastik

Cara menanam anggrek dalam pot plastik dapat dilakukan dengan menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan diantaranya:
  1. Pot plastik.
  2. Media tanam berupa sabut kelapa, arang kayu dan potongan tanaman pakis.
  3. Bibit anggrek
Tahapan-tahapan menanam anggrek dalam pot plastik yaitu:
  1. Pilihlah pot plastik yang kamu sukai dari bentuk dan warna serta pastikan cocok dalam ruangan atau halaman rumah mu.
  2. Masukan media tanam pada pot yang dipilih.
  3. Bila media tanam sudah tertata letakkan bibit anggrek dalam pot tersebut.
  4. Aturlah akar tanaman anggrek tersebut agar pertumbuhannya baik dan maksimal.
  5. Letakkan pot tadi pada tempat yang kamu sukai asalkan tempatnya teduh tidak terkena matahari langsung sebab akan mengakibatkan tidak tumbuh kembang tanaman anggrek.
  6. Siramlah secara teratur dan berilah pupuk yang mengandung nitrogen dan fosfor.

Dapat disarankan untuk menyiram tanaman anggrek bisa menggunakan air cucian beras atau air kelapa yang sudah didiamkan selama satu malam. Tanaman anggrek pun tidak luput dari serangan hama diantaranya ulat, serangga, siput, kutu dan ngengat. Biasanya hama tersebut menyerang bagian daun dan bunga. Supaya tanaman anggrek kesayangan mu terbebas dari hama dapat dilakukan dengan menyemprotkan pestisida atau membuang langsung siput dan ulat. Bila kamu rajin merawatnya dupastikan tanaman anggrek akan berbunga indah dan akan menghiasi halaman rumah mu.

Baca juga:

Dracaena Marginata Tanaman Berfungsi Ganda

Tanaman Untuk Filter Udara yang Dapat Mengurangi Pencemaran

Kamboja Jepang (Adenium Obesum) dan Beberapa Manfaatnya

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *