Nasi berkat

Nasi Berkat Selamatan Sajian Sederhana yang Ngangenin

iarsip.com – Pastinya masyarakat Indonesia pernah menikmati sajian nasi berkat selamatan. Nasi berkat merupakan bungkusan yang berisi makanan matang yang terdiri dari nasi, sayur dan lauk pauknya. Tempat penyajiannya berbeda-beda ada yang menggunakan besek bambu, baskom atau wadah plastik atau kardus nasi. Nasi berkat pasti selalu hadir dalam setiap acara selamatan atau syukuran khitanan, pernikahan, melahirkan, ibu hamil dan bahkan acara kematian. Mungkin nasi berkat ini sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang tidak pernah terkikis waktu.

Nasi berkat yang sudah dimasak sedemikian rupa banyak yang menyajikan sajian sederhana dan ada juga yang sudah kekinian tetapi tetap saja rasanya enak dan selalu dikangenin. Mungkinkah efek dari doa? Mungkin saja karena makanan yang sudah diberi doa rasanya akan lebih berbeda. Sajian ini bukan makanan yang dibilang mewah dan mahal tetapi sajian yang diberikan secara cuma-cuma sebagai tanda syukur kepada Sang Pencipta apa yang sudah dikaruniakan kepada hamba-hamba-Nya.

Tidak diketahui dengan pasti siapa yang memulai dan dari mana asalnya tetapi nasi berkat ini sudah menjadi tradisi masyarakat yang sudah melekat. Nilai budaya yang ada dalam setiap acara selamatan atau syukuran dapat kita ambil pelajaran bahwa diantara manusia dan Tuhan harus selalu dekat dalam kondisi apapun dan dimana pun berada. Inilah keistimewaan budaya Indonesia yang tidak membedakan siapa dan dimana, tua atau muda, kaya atau miskin tetap dalam satu suasana doa yang khidmat.

Manfaat lain dari selamatan yaitu:

  1. Merupakan tanda syukur pada Tuhan
  2. Merekatkan tali silaturahmi
  3. Doa bersama lebih mudah terkabul
  4. Dapat menenangkan jiwa atau rohani
  5. Bersodaqoh berupa makanan yang disajikan

Nasi berkat

Di setiap daerah bermacam-macam isian yang berbeda dan menggunakan makanan khas daerah masing-masing. Karena saya berasal daerah Sunda, tentunya isian nasi berkat menggunakan makanan dari daerah Sunda misalnya ada rengginang, seroja, papais, uli ketan, kue apam, nasinya yang sebesar mangkuk kecil dengan lauk ayam atau ikan air tawar. Ada juga sayuran yang serba sedikit misalnya sambal goreng kentang, bihun kecap dan kukumbu kacang merah dan masih banyak lagi. Sungguh budaya Indonesia yang kaya dan tradisi Indonesia yang memperkaya daftar kuliner tanah air. Menikmati nasi berkat dengan ramai-ramai oleh seluruh anggota keluarga merupakan suatu sensasi tersendiri yang tiada duanya. Sangat kagum dengan budaya dan tradisi Indonesia yang satu ini. Semoga budaya tradisional Indonesia tetap lestari.

Baca juga:

Resep Pisang Molen Renyah dan Gurih untuk Cemilan Saat Musim Hujan

Resep Buncis Goreng Renyah Cemilan yang Lezat dan Sehat

Resep Bakwan Daun Bayam yang Sederhana tetapi Enak

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *