Situ Lengkong

Situ Lengkong Panjalu Ciamis Wisata Alam Mempesona

iarsip.com – Situ Lengkong Panjalu Ciamis merupakan salah satu lokasi wisata yang berada di kabupaten Ciamis Jawa Barat. Situ Lengkong merupakan sebuah danau dan cagar alam yang menurut cerita masyarakat setempat dahulunya dijadikan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu Ciamis. Oleh sebab itu situ Lengkong Panjalu dijadikan sebagai wisata alam yang berbaur dengan wisata religi. Danau yang luasnya sekitar 57 hektar dan memiliki sebuah pulau seluas sekitar 9 hektar dan pulau tersebut dinamakan Nusa Larang atau ada yang menyebutnya Nusa Gede.

Situ Lengkong Panjalu memiliki alam yang indah, sejuk dan menenangkan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan dengan suasana alam pedesaan. Disekeliling danau/situ terdapat sawah yang luas dan pemandangan pegunungan yang berbatasan dengan daerah kabupaten Kuningan. Pengunjung bisa betah berlama-lama dengan menikmati pemandangan situ Lengkong dengan menyewa perahu mengelilingi Nusa Gede. Ada dua perahu yang bisa dipergunakan yaitu perahu dayung dengan harga sewa Rp 10000 per orang dan ada perahu mesin yang harga sewanya Rp 15000 per orang. Selain perahu ada fasilitas lainnya yang dapat dinikmati pengunjung diantaranya tempat parkir yang luas, toilet, mesjid, warung makanan ciri khas daerah Ciamis dan cendramata hasil kerajinan masyarakat setempat.

 Situ Lengkong Panjalu Ciamis Punya Sejarah

Keberadaan situ Lengkong tak lepas dari sejarah, mitos dan cerita rakyat. Menurut cerita yang tersebar di masyarakat luas situ Lengkong Panjalu merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu. Dari hasil penemuan benda-benda purbakala, nilai sosial memberikan alasan kota Panjalu itu sebagai kota Kerajaan yang terkenal dengan Kerajaan Soko Galuh Panjalu. Ibu kota Kerajaan didirikan pada suatu danau oleh pendiri Kerajaan dan tokoh leluhur Panjalu yaitu Brongosngora yang sampai sekarang dinamakan Situ Lengkong Panjalu.

Situ yang berbuansa religi ini banyak dikunjungi para peziarah yang datang dari berbagai kota. Para peziarah ini harus menyebrang danau menggunakan perahu menuju Nusa Gede yang terdapat ditengah danau. Para peziarah pada umumnya bermaksud mengunjungi tokoh Raja Panjalu yang terdapat di pemakaman yang terdapat diatas bukit Nusa Gede. Selain makam ada Musium Bumi Alit yang digunakan untuk menyimpan benda-benda pusaka seperti Menhir, Batu Pengsucian, Batu Penobatan dan perkakas peninggalan raja-raja Panjalu masa itu.

Lokasi Wisata Situ Lengkong

Untuk menuju situ Lengkong Panjalu dari arah Bandung dapat melewati Ciawi dan Panumbangan lalu mengarah ke Panjalu dengan jarak tempuh 100 km. Apabila dari arah Ciamis bisa melalui Kawali dan menuju Panjalu dengan jarak tempuh sekitar 35 km. Tiket yang dijual untuk masuk ke lokasi sangat terjangkau. Kendaraan mobil tarif riket hanya Rp 20000 sedangkan kendaraan bermotor dibanderol tiket Rp 10000. Untuk pencinta wisata coba saja datang ke Situ Lengkong Panjalu untuk sekedar melepas penat dari kesibukan pekerjaan. Terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca.

Baca juga:

Wisata Pantai Menganti Kebumen yang Memanjakan Mata

Wisata Puncak Bangku Rancah yang Menakjubkan

Pantai Karapyak Pangandaran Jawa Barat dengan Sejuta Pesona

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *