Tanaman untuk filter udara

Tanaman Untuk Filter Udara yang Dapat Mengurangi Pencemaran

iarsip.com – Pencemaran udara saat ini sudah sangat mengkhawatirkan sekali. Pencemaran udara dapat terjadi dari beberapa faktor diantaranya asap dari pabrik dan asap kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor mengandung zat-zat berbahaya yang akan mendatangkan dampak yang tidak baik. Udara yang tidak bersih lagi akan berdampak pada kesehatan manusia dan terhadap lingkungan. Zat berbahaya tersebut adalah timbal, suspended, particulate matter, oksida nitrogen, hidrokarbon, karbon monoksida dan aoksida forokimia. Untuk itu penyaring udara agar udara kembali bersih dan layak untuk dihirup. Tanaman untuk filter udara sangat beragam jenisnya dan dapat disimak setelah ini.

Menanam tanaman selain sebagai filter udara juga bermanfaat untuk mempercantik halaman rumah atau dalam ruangan. Tanaman hias dapat berfungsi sebagai penyegar alami sebab dapat tanaman dapat menyaring zat-zat berbahaya di udara. Beberapa peneliti menemukan ada beberapa jenis tanaman hias yang dapat menyaring udara. Adapun jenis tanaman hias tersebut dapat disimak dibawah ini.

Tanaman untuk filter udara diantaranya:

  1. Palem kuning (Areca palm), tanaman palem kuning mampu menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen. Palem kuning dapat menyerap zat-zat kimia berbahaya misalnya formaldehyde, xylene dan toluene. Tanaman ini dapat mengeluarkan oksigen selama 24 jam.
  2. Tanaman lidah mertua (snake plant), tanaman ini mampu memproduksi oksigen selama 24 jam. Tanaman lidah mertua dapat menyerap zat-zat beracun misalnya formaldehyde, benzena, trichlorethylene, xylene dan toluene.
  3. Bunga Krisan (crysan themum), bunga krisan selain bunganya berwarna warni dan cantik juga dapat menyerap zat-zat berbahaya seperti xylene, benzena dan amonia.
  4. Lidah buaya (Aloe Vera), tanaman lidah buaya selain untuk perawatan kecantikan juga berfungsi untuk menyerap zat-zat kimia berbahaya diantaranya benzena dan formaldehyde.
  5. Tanamuan Sri rejeki (Chinese evergreen), tanaman ini dapat menghasilkan oksigen yang tinggi sehingga dapat menetralisir udara dari zat-zat beracun seperti benzena dan formaldehyde.
  6. Sirih gading (Golden pothos), tanaman ini sangat mudah dirawat sebab dapat tumbuh dalam media tanam apapun bahkan hanya airpun tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Sirih gading dapat menetralisir udara dari zat-zat beracun diantaranya benzena, formaldehyde, xylene dan toluene.
  7. Tanaman spider (Chlorophytum comosum), tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias tetapi ada manfaat lain yaitu untuk menyerap zat-zat kimia berbahaya diantaranya formaldehyde, xylene dan toluene.
  8. Peace lily (Spathiphyllum), tanaman peace lily biasanya dapat tumbuh ditempat yang teduh dan dapat disimpan dalam ruangan. Tanaman ini juga dapat menghasilkan oksigen selama 24 jam dan dapat berfungsi sebagai filter udara dengan menyerap racun seperti benzena, formaldehyde dan karbon monoksida.

Baca juga:

Dracaena Marginata Tanaman Berfungsi Ganda

Pupuk dari Bahan Dapur yang Sering Disepelekan

Manfaat Tanaman Porang yang Kini Mendunia

(iarsip.com).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *